Selasa, 11 Agustus 2009

Teknologi Baru Deteksi Penyelundup di Jaringan Wireless

Riset canggih yang dilakukan di Queensland University of Technologi (QUT) telah melahirkan sebuah sistem baru yang dapat mendeteksi penyelundup yang tidak terlihat di sebuah jaringan nirkabel.

Salah seorang peneliti sekuriti QUT Dr. Jason Smith mengatakan bahwa ia dan seorang mitranya telah menemukan sebuah sistem efektif untuk mendeteksi orang - orang yang tidak diundang di jaringan - jaringan nirkabel.

"Tidak seperti sebuah bangunan, tidak ada batas yang jelas di jaringan nirkabel. Perbatasan sebuah jaringan ditentukan oleh kualitas antena si penerima. Penyelundup dapat dengan mudah mengakses jaringan nirkabel dengan mencuri dengar data yang ada di jaringan tidak terenkripsi atau dengan secara aktif mencuri sesi komputer lain saat seorang pemakai yang sebenarnya meninggalkan jaringan," jelas Smith.

Smith mengatakan bahwa sistemnya adalah sebuah jendela ke dunia tak terlihat yang memungkinkan administrator jaringan melihat adanya hal yang tidak terduga atau tidak diinginkan di jaringannya.

Smith mengatakan bahwa mereka "telah menciptakan satu seri teknik monitoring yang apabila digunakan bersama - sama dapat dengan efektif menemukan penyerang dan kesalahan konfigurasi di alat - alat di jaringan. Monitor ini independen dari jaringan, tetapi menggunakan informasi yang dihasilkan oleh jaringan sehingga sistem ini dapat dipakai korporat dengan mudah dan murah."

"Baik kekuatan sinyal maupun waktu yang dibutuhkan sinyal untuk bergerak di sebuah jaringan nirkabel (round trip time atau RTT) dimonitor karena mereka akan berubah apabila seorang penyerang memasuki jaringan. Mengamati kekuatan sinyal dan RTT secara terpisah tidaklah akurat, akan tetapi membandingkan mereka satu sama lain membuat sisten ini akurat," jelas Smith.

Smith mengatakan bahwa saat seorang yang tidak memiliki otorisasi terdeteksi, beberapa hal dapat dilakukan "tergantung dari seberapa sensitifnya jaringan tersebut, penjaga bersenjata dapat didatangkan atau jaringan tersebut dapat dimatikan. Satu lagi aplikasi sistem ini adalah untuk menemukan kelemahan sekuriti di alat - alat yang terhubung ke jaringan. Saat sebuah konfigurasi sekuriti yang lemah terdeteksi, kesalahan ini dapat diperbaiki."

Smith mengatakan bahwa ia menciptakan sistem tersebut dengan seorang ahli riset Rupinder Gill yang saat ini dipekerjakan oleh seorang vendor jaringan nirkabel di Amerika untuk membuat produk sekuriti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar